Pengertian Framework CodeIgniter dan Kelebihannya

  • 2 min read
  • Apr 12, 2020
Pengertian Framework CodeIgniter dan Kelebihannya

Mengawali tutorial framework CodeIgniter di blog ini, ada baiknya kita kenali dulu apa itu framework, codeigniter beserta kelebihan dari codeigniter itu sendiri. Untuk itu pada postingan pertama saya tentang codeigniter akan membahas tentang pengertian codeigniter dan kelebihannya.


Framework adalah kumpulan fungsi dan class dengan tujuan tertentu yang dapat mempermudah dan memprlancar programer dalam membuat ataupun mengembangkan suatu website tanpa harus membuat fungsi dan class terlebih dahulu. Dengan adanya framework proses pembuatan website secara group/team akan lebih mudah karena sudah ada patokan dari fungsi dan class yang ada di dalam framework.

CodeIgniter adalah salah satu framework PHP yang meenggunakan model MVC(Model, View, Controller) yang dibuat untuk memprmudah dan meminimalisir waktu developer dalam membuat ataupun mengembangkan suatu website. Dengan adanya framework CodeIgniter kita tidak repot lagi dalam membuat website dari awal hal ini karena sudah ada fungsi dan class yang siap untuk dipanggil. CodeIgniter pertama kali dirilis pada 28 Februari 2006 dan sampai saat artikel ini saya tulis telah ada rilis versi 3.1.0. Codeigniter bersifat Open source atau free untuk digunakan maupun untuk dikembangkan. Jadi kita tidak dikhawatirkan lagi dengan licensi.

CodeIgniter adalah framework PHP yang kuat dengan footprint yang sangat kecil, dibangun untuk pengembang yang membutuhkan toolkit sederhana dan elegan untuk membuat aplikasi web dengan fitur lengkap.
By: CodeIgniter IndonesiaSalah satu kelebihan dari CodeIgniter adalah menggunakan model MVC, konsep MVC ini sangat cocok diterapkan dalam membuat website yang dikerjakan secara team. Hal ini karena Web Designer dan Web Developer bebas melakukan tugasnya masing-masing. Model dan Controller dikerjakan oleh Web Developer sedangkan View dikerjakan oleh Web Designer.

Berikut ini penjelesan selengkapnya tentang Model MVC:

  • Model
    Model adalah bagian pengolahan database website. Pada model ini akan terjadi proses Creat, Read, Update dan Delete (CRUD).
  • View
    View adalah bagian pengolahan user interface website. Pada bagian inilah seorang desainer akan melakukan tugasnya untuk membuat desain website.
  • Controller
    Controller adalah bagian yang menghubungkan model dengan view. Pada bagian ini akan ada banyak logika yang berjalan karena jika ada request dari view, maka controller akan menentukan apa yang harus dilakukan terhadap request tersebut, apakah harus memanggil model atau tidak.

Kelebihan Framework CodeIgnite

Ada beberapa kelebihan yang saya dapat selama memakai framework codeigniter, berikut ulasannya:

  • CodeIgniter menggunakan model MVC lebih mudah digunakan dalam pembuatan dan pengembangan website
  • Dokumentasi lengkap
  • Framework yang sangat ringan dan cepa
  • Tersedia banyak helper dan library

Sekian artikel pengertian Framework CodeIgniter dan kelebihannya semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau di tambahkan silahkan ulas di komentar. – Tutsilo