8 Langkah Awal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjadi Web Developer

  • 3 min read
  • Mar 22, 2020
Awal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menjadi Web Developer

Sebelumnya saya telah membahas tentang apa itu Source Code, Compiler, Interpreter dan sedikit penjelasan tentang CodeIgniter, kini kita akan bersantai sedikit dengan topik yang agak sepele namun penting menurut saya karena inilah awal dari sebagian programmer lakukan.

Dalam dunia web programming banyak hal yang perlu kita kuasai jika ingin menjadi seorang programer handal. Sebelum sampai ke sana kita mulai dari awal dulu. Adapun langkah awal memulai belajar membuat web akan saya bahas pada artikel ini. Jadi baca terus sampai selesai artikelnya.

1. Persiapan awal

Pada tahap ini hanya berlaku jika Anda benar-benar baru mau memulai membuat website. Bagi Anda yang sudah pernah mencoba membuat website abaikan saja.

  1. Web server lokal
    Maksudnya adalah Anda harus menyiapkan web server lokal, dalam hal ini menginstall web server ke komputer/laptop Anda. Anda bisa memilih web server yang populer di gunakan saat ini yakni: Xampp dan WampServer. Kedua aplikasi ini bersifat open source jadi Anda bebas untuk gunakan dan bisa di download di situs resminya masing-masing.
  2. Program editor
    Pogram editor yang saya maksud di sini bukanlah program editor video ataupun foto tentunya melainkan program text editor yang bisa Anda gunakan untuk coding program nantinya. Anda bisa memilih dari sekian banya yang tersedia mulai dari yang free sampai yang berbayar. Sebagai referensi Anda bisa memilih Notepade++ (Free), Sublime Text (Free Trial), NetBeans (Free) dan Komodo Edit (Free).

2. Pelajari Algoritma Dasar

Belajar algoritma saya akui ribet dan rumit hal ini karena kita biasanya logika berfikir kita sebagai manusia dan logika yang digunakan oleh sistem komputer berbeda.

Algoritma adalah urutan penyelsain masalah yang dideskripsikan secara logis. Kaitannya dalam dunia programming adalah langkah-langkah yang di mulai dari masukan, pemrosesan, sampai ke keluaran yang dihasilkan.

3. Pelajari HTML

Awal dari materi pembelajaran web programming adalah HTML (Hypertext Markup Language), inilah dasar utama yang perlu kita ketahui dan pahami betul untuk menguasai proses pembuatan website. Hampir semua website yang ada menggunakan bahasa HTML.

Untuk belajar HTML cukuplah mudah kita hanya butuh program text editor dan web browser. Perlu kita ketahui bahwa di dalam HTML tidak ada proses logika yang terjadi hanya menampilkan apa saja yang kita tulis dalam coding program.

4. Pelajari CSS

Untuk membuat website dengan tampilan yang keren di butuhkan yang namanya CSS (Cascading Style Sheets). CSS ini tujuannya adalah untuk mengatur style pada dokumen website. CSS tidak bisa di pisahkan dari HTML karena memang hampir semua tag pada HTML dapat “dikendalikan” oleh CSS.

Sama halnya dengan HTML, CSS cukup mudah untuk dipelajari. Sampai pada tahap ini kita sebenarnya suda bisa membuat website yang bersifat statis.

5. Pelajari PHP dan MySQL

Jika kita sudah menguasai HTML dan CSS, langkah selanjutnya adalah pelajari PHP untuk pemrosesan data dan MySQL untuk peenyimpanan data.

Pada tahapan ini kita perlu menggunakan logika dan algoritma. Bahasa pemrograman PHP dapat melakukan pemrosesan data, dan untuk menyimpan data tersebut dibutuhkan yang namanya database. Untuk pengolahan database ini kita membutuhkan MySQL. Jika HTML selalu digandengkan dengan CSS, maka PHP digandengkan dengan MySQL.

Dengan bahasa pemrograman PHP dan bantuan dari MySQL ini kita dapat membuat website yang bersifat dinamis

6. Pelajari JavaScript

JavaScript dapat digunakan untuk membuat desain web lebih keren meskipun dapat menggunakan CSS, tapi ada beberapa hal yang bisa mempercantik desain web yang tidak dapat dilakukan oleh CSS. Selain itu JavaScript juga bisa digunakan untuk membuat website lebih dinamis meskipun bisa dilakukan oleh PHP.

7. Pelajari Framework

Jika tahapan di atas kita telah kuasai, sebenarnya kita tidak mesti untuk mempelajari Framework, tapi jika kita terjun dalam dunia web programming maka kita di tuntut untuk membuat website dengan waktu yang cepat, di sinilah peranan dari Framework. Framework menyediakan beberapa fungsi yang sering digunakan, jadi fungsi-fungsi ini dapat kita panggil kapan pun kita akan gunakan, jadi framework dapat mempercepat kita dalam proses pembuatan ataupun pengembangan website.

Untuk CSS framework yang populer adalah Bootstrap, Framework PHP yang populer di gunakan ada Laravel, CodeIgniter dan Yii Framework. Sedangkan untuk JavaScript ada JQuery, Ajax dan Node.Js.

8. Terus pelajari perkembangan teknologi web programmer

Sama halnya dengan teknologi komputer, teknologi web programmer juga terus berkembang jadi sebagai web programmer kita harus selalu update pengetahuan kita ke teknologi terbaru tersebut.

Akhir Kata

Untuk menjadi web programmer handal diperlukan proses untuk sampai ke sana tidak ada jalan pintas ataupun yang instan meskipun sudah ada CMS (Content Management System) tapi CMS ada untuk website dengan tujuan tertentu. Jadi jika ingin belajar membuat website dan menjadi profesional kita harus menguasai HTML, CSS, PHP, MySQL dan JavaScript. Jika hanya untuk membuat website dengan waktu yang singkat kita hanya perlu pelajari CMS saja.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan